Post Details

research
  • 23 Feb 2024

Pengertian Kewajiban Jenis dan Contohnya

Memahami Kewajiban

Secara umum, kewajiban adalah suatu tindakan yang harus dilakukan seseorang. Setiap tindakan yang diambil merupakan bentuk tanggung jawab penuh terhadap permasalahan yang timbul baik yang bersifat hukum maupun moral. Oleh karena itu, kehidupan manusia akan selalu melibatkan tanggung jawab dalam menjalankan aktivitas sosial di masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Menurut pengertian komitmen KBBI, dapat dikatakan bahwa komitmen adalah suatu tugas atau pekerjaan yang perlu dilaksanakan dengan baik dan diselesaikan dengan baik.

Selain itu, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa kita memperoleh hak dengan memenuhi kewajiban kita. Misalnya, seorang siswa harus belajar agar mendapat nilai bagus. Selain itu, siapa pun yang memenuhi kewajibannya dapat memperoleh hak-hak yang dapat kita lihat pada diri seorang karyawan suatu perusahaan. Pekerja yang telah menyelesaikan pekerjaannya menerima gaji, sehingga meningkatkan kesejahteraannya.

Memahami tugas menurut pendapat ahli

Agar lebih mudah dalam memahami pengertian komitmen, maka kita akan membahas pengertian komitmen dari sudut pandang para ahli. Pengertian tugas menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Profesor RMT Sukamto Notonagoro

Profesor RMT Sukamto Notonagoro mengatakan, tugas adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak tertentu dengan rasa tanggung jawab dan dengan prinsip bahwa pihak yang berkepentingan dapat menuntutnya dengan sungguh-sungguh.

Frederick Pollock

Frederick Pollock mengatakan bahwa kewajiban sama dengan kewajiban, dan dalam istilah hukum kewajiban adalah sesuatu yang dapat mengikat secara hukum antara dua orang atau lebih.

Jenis obligasi

Ada berbagai jenis kewajiban, yaitu tindakan yang harus dilakukan dan diselesaikan. Menurut George Nathaniel Curzon, obligasi dibedakan menjadi lima jenis yaitu obligasi absolut, obligasi publik, obligasi positif dan negatif, obligasi umum dan khusus, serta obligasi primer.

Komitmen mutlak

Contoh kewajiban mutlak adalah seseorang yang wajib menjalankan agama yang dianutnya. Bagi umat beragama, ibadah adalah suatu kewajiban, sehingga tidak boleh meninggalkan ibadah.

Kewajiban publik

Kewajiban pemerintah merupakan salah satu jenis kewajiban yang berkaitan dengan hak masyarakat. Tugas publik kita sering kali tercermin dalam supremasi hukum di mana setiap orang harus mematuhi aturan pidana dan hukum. Selain itu, contoh tugas masyarakat antara lain menaati rambu lalu lintas saat berkendara dan menjaga perdamaian masyarakat.

Kewajiban positif dan negatif

Kewajiban positif dan negatif merupakan kewajiban seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dengan kata lain komitmen positif adalah komitmen seseorang untuk mempunyai niat dalam melakukan sesuatu. Kewajiban negatif adalah kewajiban seseorang untuk tidak melakukan sesuatu.

Contoh kewajiban positif adalah seseorang mempunyai kewajiban untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib jika haknya dirampas secara paksa. Selain itu, kewajiban negatif misalnya tidak melakukan perbuatan pencemaran nama baik meskipun hak seseorang telah dirampas.

Kewajiban umum dan khusus

Pengertian Kewajiban umum adalah kewajiban yang ditujukan kepada seluruh warga negara yang pada umumnya bertempat tinggal dan menetap di suatu negara. Kewajiban khusus adalah jenis kewajiban yang dipenuhi oleh beberapa kelompok saja, misalnya orang yang bekerja di bidang kontrak atau hukum.