Post Details

research
  • 26 Feb 2024

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil 2024

Apabila membeli kendaraan baru harus disertai BPKB.  Anda juga harus menunjuk orang lain untuk mengambil alih BPKB dan memerlukan surat kuasa untuk itu.
BPKB merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Satuan Transportasi (Satlantas) Republik Indonesia. BPKB berperan sebagai bukti sah apakah seseorang memiliki kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Selain BPKB, pemilik mobil baru juga mendapat surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Jika detik tidak bisa datang ke kantor Samsat untuk mengambil BPKB, bisa meminta bantuan orang lain. Namun tahanan harus melampirkan surat kuasa untuk menagih BPKB. Apa contoh surat kuasa sebagai BPKB dan formatnya apa? Yuk simak penjelasannya pada artikel ini.

Format pembuatan surat kuasa masuk BPKB

Format pembuatan surat kuasa untuk menyertakan BPKB adalah benar dan sah menurut hukum. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di bawah.

1. Judul surat

Untuk memberitahukan kepada pihak berwajib mengenai surat tersebut, Anda harus mencantumkan perihal surat tersebut. Tak perlu banyak waktu, cukup tulis “Kewenangan Pengambilalihan BPKB” di bagian atas.

2. Kalimat pembuka

Anda kemudian dapat menulis kalimat pertama surat itu. Sama seperti judul surat, kalimat pembuka pun tidak perlu panjang-panjang. Tulis saja “Saya penandatangannya” agar pihak berwajib mudah mengetahuinya.

3. Identitas klien

Kemudian tuliskan identitas pemberi kuasa di bawah ini. Yakni nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat rumah. Untuk gambaran yang lebih baik, Anda juga dapat menambahkan alamat kantor dan perusahaan Anda.

4. Identitas penerima kuasa

Jika demikian, masukkan identitas penerima kuasa di bawah ini. Serta identitas pemberi kuasa, Anda harus memberikan nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat Anda.

5. Wewenang yang Diberikan

Anda bisa memberikan sedikit penjelasan mengenai layanan yang ditunjuk, yang dalam hal ini BPKB akan mengambil alih.

6. Identitas Kendaraan

Kemudian catat identitas kendaraan secara lengkap mulai dari jenis kendaraan, plat nomor, warna, nomor mesin hingga nomor rangka.

7. Penutupan

Jika iya, tinggalkan komentar singkat di bawah. Selanjutnya, Anda bisa menentukan tanggal surat itu ditulis.

8. Tanda tangan

Untuk memastikan surat kuasa BPKB adalah sah secara hukum, jangan lupa untuk menandatangani stempel dan menyebutkan nama asli Anda di bawah ini.