Post Details

research
  • 27 Feb 2024

Struktur Surat Lamaran Kerja 2024

Struktur Surat Lamaran Kerja Seperti jenis surat lainnya, surat lamaran kerja memiliki struktur dan sistem yang perlu Anda ikuti. Di bawah ini adalah struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Lokasi dan Tanggal Surat

Bagian ini mencantumkan tempat atau kota penulisan surat berdasarkan alamat pemohon.

Isi Atau Pokok Surat

Isi atau pokok surat disebut juga dengan judul surat. Bagian ini menjelaskan tujuan surat ini: untuk melamar pekerjaan. Penulisan subjek dan subjek disesuaikan dengan kaidah penulisan judul, yaitu semua kata diawali dengan huruf kapital, kecuali kata depan dan kata sambung.

Aksesoris

Bagian ini ditempatkan untuk memberi tahu Anda tentang jumlah file yang dilampirkan pada lamaran Anda, seperti resume, fotokopi ijazah, fotokopi dan KTP.

Nama dan Alamat Surat

Bagian ini memuat alamat lengkap instansi atau perusahaan tempat  permohonan diajukan, serta nama atau jabatan penerima dan/atau nama instansi atau perusahaan tersebut.

Salam

Salam digunakan untuk menyapa penerima surat secara formal.

Paragraf Pembuka Surat

Bagian ini berisi informasi tentang pelamar, di mana mereka menerima lamaran kerja, dan informasi tentang posisi yang dilamar pelamar.

Paragraf Utama Surat

Bagian ini berisi informasi tentang pelamar, seperti pendidikan, riwayat pekerjaan, dan informasi terkait kelebihan pelamar sehingga cocok untuk pekerjaan tersebut. Pada surat lamaran yang lebih sederhana, teks surat hanya menampilkan informasi mengenai file-file yang menyertai surat lamaran kerja tersebut.

Bagian Terakhir Surat Itu

Hal ini termasuk mengungkapkan antusiasme pelamar terhadap posisi yang diinginkan dan berterima kasih kepada pembaca surat lamaran atas pertimbangannya.

Salam Penutup

Kata penutup menunjukkan kesopanan dan rasa hormat kepada penerima surat Anda.

Tanda Tangan dan Nama Jelas

Bagian ini memuat nama lengkap dan tanda tangan pemohon.

Sekarang setelah Anda memahami struktur dokumen lamaran.