Post Details

research
  • 28 Feb 2024

Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Gangguan fungsi ginjal dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Penyakit ginjal yang berujung pada penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal sangat sulit diobati. 

Penanganan penyakit ginjal secara dini dapat berdampak besar pada kesembuhan pasien. Langkah ini hanya bisa dilakukan jika gejalanya terdeteksi sejak dini. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan mengenali tanda-tanda awal penyakit ginjal. Mari kita lihat lebih dekat ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang tidak boleh diabaikan.

Penyebab penyakit ginjal

Timbulnya penyakit ginjal bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, konsumsi minuman beracun, dan usia. 

Hipertensi (tekanan darah tinggi): adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan pada arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal karena ginjal sendiri berperan dalam mengontrol jumlah cairan dalam pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.

Diabetes: Penderita diabetes diketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal. Pasalnya, diabetes dapat merusak sistem penyaringan ginjal: gula darah yang tinggi juga menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring darah.

Faktor usia: Penyakit ginjal sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Hal ini diperkuat oleh penelitian dari Johns Hopkins University yang menunjukkan bahwa lebih dari separuh penduduk berusia 75 tahun ke atas diduga menderita penyakit ginjal.

Konsumsi minuman yang mengandung zat beracun: Konsumsi obat-obatan herbal yang mengandung kortikosteroid atau minuman energi secara berlebihan, serta minuman yang mengandung zat berbahaya seperti etilen glikol, dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal yang dapat berujung pada gagal ginjal.

Gejala awal penyakit ginjal

Penyakit ginjal juga dikenal sebagai silent disease karena jarang menunjukkan gejala tertentu sehingga banyak penderita yang tidak menyadarinya. Faktanya, seringkali kondisi ini baru muncul ketika kerusakan ginjal sudah cukup parah. Padahal, kondisi ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. 

1. Mual

Salah satu tanda awal penyakit ginjal yang paling umum adalah mual. Penyebab mual pada penderita penyakit ginjal berbeda-beda: bisa disebabkan oleh uremia, penyakit otot lambung, maag, GERD, atau efek samping pengobatan.

2. Mudah lelah dan lemah

Kelelahan dan kelemahan adalah gejala awal penyakit ginjal yang umum, namun sering diabaikan. Selain itu, keluhan ini juga disebabkan oleh rendahnya produksi sel darah merah akibat berkurangnya produksi hormon oleh ginjal, sehingga penderita mengalami anemia.

3. Kesulitan bernapas

Kesulitan bernapas seringkali disertai gejala penyakit ginjal tahap awal. Hal ini disebabkan oleh kelebihan cairan dalam tubuh yang menumpuk di paru-paru karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

4. Peningkatan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau high pressure memang bisa memicu penyakit ginjal, namun bisa juga disebabkan oleh masalah ginjal. Faktanya, kemampuan ginjal dalam menyaring racun terus menurun. Selain itu, ketidakseimbangan kadar cairan dan mineral dalam tubuh juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Kaki bengkak

Penyakit ginjal dapat menyebabkan pembengkakan (edema) pada kaki dan betis. Gejala awal penyakit ginjal terjadi akibat penumpukan natrium di kaki dan betis.