Post Details

research
  • 29 Feb 2024

Ciri Ciri Mata Minus

Mata adalah jendela dunia. Namun, jika Anda memiliki kelainan mata, Anda pasti tidak akan bisa melihat dunia dengan jelas. Dalam dunia medis, rabun dekat disebut dengan rabun jauh atau rabun jauh. Tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas merupakan salah satu gejala rabun Mata Minus. Tanda-tanda miopia bisa muncul sejak masa kanak-kanak. Selain kesulitan melihat dari jarak jauh, ada juga gejala rabun jauh lainnya.

Apa ciri-ciri miopia?

Biasanya, cahaya dari luar harus jatuh langsung ke retina agar Anda dapat melihat dengan jelas. Namun kelainan refraksi yang berhubungan dengan rabun jauh menyebabkan cahaya jatuh di depan retina mata sehingga menyebabkan objek yang jauh tampak buram atau tidak fokus.

Tanda-tanda rabun jauh atau rabun jauh biasanya muncul pada usia antara 6 hingga 14 tahun. Menurut Rumah Sakit Anak Boston, 20% anak-anak pada usia ini menderita rabun jauh. Namun, semua usia tetap bisa mengalami gejala mata negatif tersebut.

Tanda-tanda Anda mengalami rabun jauh antara lain:

Penglihatan kabur saat melihat benda jauh

Untuk melihat benda jauh dengan jelas, seseorang harus memicingkan mata atau menutup sebagian kelopak matanya

Mata terasa perih dan lelah jika melihat sesuatu terlalu lama
Sakit kepala

Kesulitan melihat saat mengemudi, terutama pada malam hari (rabun senja).

Ciri-ciri miopia pada anak

Seperti yang telah disebutkan, miopia atau miopia seringkali hanya ditemukan pada masa kanak-kanak.

Penyebab rabun jauh pada anak bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dari orang tua yang juga menderita rabun jauh, atau kebiasaan membaca atau melihat terlalu dekat.

Penting untuk mengenali tanda-tanda rabun jauh yang dialami anak Anda, antara lain:

  • Teruslah berkedip ketika Anda melihat sesuatu
  • Sulit untuk melihat teks atau gambar di papan tulis
    Terlalu mencolok
  • Sering-seringlah menggosok matanya
    Mual setelah membaca
  • Sering-seringlah mendekati objek agar dapat melihat dengan jelas, misalnya. B. jika Anda duduk di depannya dan memegang perangkat dan buku terlalu dekat.
  • Sering sakit kepala ketika terlalu lama berkonsentrasi membaca atau menonton.

Anak-anak juga bisa mengalami rabun jauh sejak lahir, namun gejalanya baru muncul hingga usia dewasa ketika tubuh dan organ tubuhnya mulai berkembang. Meski gejala miopia biasanya muncul pada masa kanak-kanak, gejala negatifnya harus dijelaskan oleh dokter.

Kapan saya harus menemui dokter?

Jika penglihatan kabur yang Anda alami mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosis pasti. Pasalnya, gejala miopia yang dijelaskan juga bisa menjadi tanda penyakit mata yang bukan disebabkan oleh kelainan refraksi seperti rabun dekat.

Kemudian, dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa apakah Anda atau anak Anda menderita rabun jauh. Tes ini dimulai dengan tes yang paling sederhana, seperti tes mata membaca tabel huruf standar pada grafik Snellen.

Ada juga tes yang lebih kompleks yang menggunakan lensa dan mesin canggih untuk memeriksa struktur internal mata. Berdasarkan pemeriksaan tersebut, dokter dapat menentukan derajat rabun jauh yang Anda alami dan merekomendasikan berbagai pilihan penanganan rabun jauh yang Anda alami.

Perawatan dapat berupa kacamata, lensa kontak, atau operasi refraksi. Selain itu, Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami:

Tiba-tiba banyak perenang muncul​​​

​Kilatan cahaya di salah satu atau kedua mata​​​​​​​​ Bayangan ibarat tirai yang mengaburkan pandangan Anda
Ini adalah ciri mata yang berhubungan dengan tanda-tanda ablasi retina atau ablasi retina. Kondisi ini sangat serius dan memerlukan perhatian medis segera. Penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda rabun jauh karena jika tidak dilawan, rabun jauh yang Anda alami bisa semakin parah dan semakin mengganggu.

Segera periksakan mata Anda ke dokter agar gangguan penglihatan akibat Mata Minus miopia dapat segera diperbaiki.