Post Details

research
  • 01 Mar 2024

Ciri Ciri Cacar Air Yang Wajib kamu Ketahui !

Virus varicella-zoster tidak hanya menyebabkan meningitis pada bayi, tapi juga cacar air merupakan masalah kulit yang memerlukan perhatian, terutama jika sudah sangat serius dan disertai komplikasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab, gejala, dan pengobatan agar Anda dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Lengkap Penyakit Cacar Air

Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat adanya infeksi virus pada tubuh seseorang. Infeksi virus ini menyebabkan terbentuknya lepuh atau lepuh berisi air di sekujur tubuh.

Cacar air ini merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat cepat sekali menularnya biasanya dan sangat umum terjadi pada anak-anak. Meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak, namun penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa, terutama jika mereka belum pernah menderita penyakit tersebut sebelumnya.

Selain itu, orang yang hanya memiliki dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga termasuk kategori golongan yang sangat berisiko lebih tinggi terkena termasuk bayi, orang tua lanjut usia, dan wanita hamil. Jarang sekali orang terkena untuk kedua kalinya. Pasalnya, pada sistem kekebalan tubuh ini telah mengenali infeksi virus tersebut sehingga dapat melindungi tubuh secara keseluruhan.

Penyebab penyakit cacar air

penyebab dari penyakit ini adalah virus varicella-zoster (VZV). Virus varicella zoster dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, seperti:

  • Kontak langsung dengan sebuah kemasan/barang yang mudah melepuh atau ampul yang berisi cairan.
  • Menghirup dari adanya tetesan air liur pasien atau terkadang bisa menyebar melalui batuk atau bersin.
  • Selain itu, penderita cacar air juga bisa menularkan penyakitnya sejak dua hari sebelum lepuh muncul hingga enam hari setelah lepuh terbentuk. Tingkat penularan akan menurun ketika lepuh mulai pecah dan kering sepenuhnya yang sangat pasti akan menimbulkan bekas tergantung pada imunitas tubuh.

Gejala cacar air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala ini sering muncul nya adalah munculnya ruam yang gatal dan berisi cairan di permukaan kulit. Biasanya ruam pada tubuh penderita berlangsung selama 7 hingga 21 hari.

Sebelumnya untuk mengetahui ciri-ciri cacar air ataupun penyakit jenis cacar air lainnya yang menyebabkan munculnya ruam gatal pada tubuh penderita, diantara lain:

  • Pusing atau sakit kepala.
  • Demam.
  • Kehilangan selera makan.
  • Nyeri otot.
  • buruk
  • Terlalu lelah.

Setelah gejala awal ini muncul selama 1 hingga 2 hari, muncul ruam gatal, yang berkembang dalam tiga tahap perkembangan:

  • Ruam atau benjolan berwarna merah muda muncul di seluruh tubuh.
  • Ruam merah berubah menjadi lepuh atau lepuh berisi cairan.
  • Lepuh pecah saat pasien mulai sembuh. Kemudian serpihan elastis mulai mengering dan menjadi renyah.

Ingatlah bahwa ketiga tahap timbulnya ruam gatal di atas belum tentu terjadi pada penderita Faktanya, fase berkembangnya ruam gatal bisa berbeda-beda tergantung sistem kekebalan tubuh orang yang mengidapnya.

Cara Mengobati Yang Sangat Ampuh Untuk Penderita Cacar Air

Penyakit ini juga Adalah salah satu penyakit kulit yang biasanya akan menyerang dan disertai dengan gejala efek tertentu seperti demam, gatal-gatal di sekujur tubuh dan lain sebagainya. sekaligus merupakan penyakit self-limiting (dapat sembuh sendiri), sehingga tidak diperlukan obat khusus untuk menyembuhkannya. Namun perlu diperhatikan bahwa gejala yang timbul dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya sehingga perlu dilakukan pengobatan untuk meringankan gejala yang timbul. Ada beberapa obat yang biasanya diresepkan oleh dokter, seperti obat pereda nyeri seperti acetaminophen. Untuk meredakan rasa gatal akibat ruam, dokter juga akan meresepkan antihistamin seperti diphenhydramine.

Selain itu, ada beberapa pilihan untuk meredakan gejala yang bisa Anda gunakan di rumah, antara lain:

  • Minumlah air yang cukup.
  • Hindari menggaruk bagian lepuh yang gatal. Untuk meredakan rasa gatal, Anda bisa menggunakan salep yang diresepkan oleh dokter.
  • Kenakan pakaian longgar dan lembut untuk menghindari kontak langsung dengan lepuh berisi air.
  • Jika lepuh terbentuk di mulut, Anda bisa makan makanan lembut dan krim.
  • Mandi dengan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa memilih sabun khusus untuk kulit sensitif agar tidak mengiritasi bagian yang melepuh.

Jika Anda sudah menjalani pengobatan, Anda mungkin ingin tahu apakah tanda-tanda dari Cacar air akan hilang. Oleh karena itu, penderita Ciri Ciri Cacar Air dianggap sembuh jika tidak ditemukan ruam atau kemerahan pada permukaan kulitnya. Selain itu, karet elastisnya juga sobek dan kering.