Post Details

research
  • 13 Mar 2024

Ciri Ciri Mengetahui Gurindam Terbaru 2024

Pengertian Gurindam – Sobat masih ingat dengan sastra puisi Indonesia? Tentu Anda sudah sering mendengar tentang puisi. Puisi itu terbagi menjadi dua bagian lho. Puisi lama dan puisi baru. Puisi-puisi lama termasuk Sayer, Gurindam dan Kavita.

Namun disini kita akan membahas tentang Gurindam secara detail. Berdasarkan Gurindam Pengertian, Sifat, Jenis, Fungsi dan Contoh Lengkapnya. Mari kita bicarakan!

Pengertian Gurindam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gurindam pada umumnya adalah puisi dua baris yang berisi nasihat hidup. Tugas Gurindam adalah memberikan nasehat kepada teman-temannya tentang kebaikan.

Masruchin (2017)

Karya sastra kuno berupa puisi, terdiri atas kalimat dua baris yang berima atau berima. Gurindam sendiri mempunyai lebih dari satu ayat, masing-masing ayat terdiri dari dua baris.

Baris pertama adalah serangkaian situasi, masalah, isu dan kesepakatan. Sedangkan baris kedua merupakan jawaban dari permasalahan atau hal yang terjadi pada baris pertama.

Raja Ali Haji (1989)

Suatu bentuk puisi Melayu yang didalamnya terdapat dua baris bait, rima atau rima, dan bait tersebut mengungkapkan gagasan utuh atau utuh. Dalam hal ini, baris pertama dapat dianggap sebagai posisi (protase) dan baris kedua sebagai respon (apodosis).

Ismail Hamid (1989)

Gurindam berasal dari kata Sansekerta kirindam yang berarti perumpamaan. 

Sutan Taqdeer Alisjahbana

Kalimat majemuk yang terbagi menjadi dua baris berima. Setiap baris merupakan kalimat berkesinambungan, tersusun atas klausa bawahan dan klausa utama, setiap baris mempunyai suku kata yang tidak terbatas.

Harun Mat Piah

Gurindam merupakan puisi Melayu kuno yang mempunyai bentuk terikat dan tidak terikat. Bentuk berantai terdiri dari dua garis sejajar dan tiga sampai enam kata yang berima dengan aa.

Ciri-ciri Gurindam

Sebagai sebuah karya sastra, Gurindam tentu mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri-ciri unik yang terdapat pada karya sastra lainnya. Berikut beberapa ciri Gurindam, sebuah karya sastra Melayu klasik.

Terdiri dari dua baris

Ciri khas karya sastra Gurindam adalah komposisi teksnya. Teks pada Gurindam hanya memiliki dua baris. Tidak lebih dari dua baris. Perbedaan inilah yang membedakan Gurindam dengan puisi baru di luar kedua baris tersebut.

Struktur adalah pernyataan yang diikuti dengan hasil

. Struktur Gurindam didasarkan pada dua konsep.

Arti utama dari Gurindam adalah jika ada suatu peristiwa, masalah, dan sebagainya. Misalnya saja pada bait pertama guridam ini, “ilmu bukan hanya untuk dihafal saja”. Arti baris pertama Gurindam, kalimat tentang sesuatu artinya memperhatikan.

Banyak informasi tetapi tidak ada aplikasinya. Pengusaha ingin mengontrol siapa yang memiliki akses terhadap informasi tanpa harus melakukannya. Kemudian lanjutkan ke rangkaian hasil kedua. "Tapi kamu harus berlatih."

Kata-kata mempunyai bunyi akhir

Gurindam memiliki keistimewaan lain seperti yang disebutkan di atas. Pengucapan teks Gurindam pun sama. Artinya, jika vokal "A" ada di baris pertama, maka di baris kedua.

Lagu Gurindam selalu diakhiri dengan a-a, b-b, c-c, d-d, e-e, dan seterusnya. Jika tidak, termasuk dalam kategori karya yang tidak termasuk dalam sastra Melayu Gurindam.

Belajar dengan cerdas

Salah satu aspek Gurindam yang paling mendalam adalah perolehan pelajaran hidup. Nasehat bijak untuk berbuat baik di dunia ini.

Berbagai tema besar karya sastra modern. Karya sastra Gurindam seringkali berupa petuah-petuah hidup yang banyak dipengaruhi oleh agama.

Setiap baris diidentifikasi

Yang unik dari karya sastra kuno puisi ini adalah setiap barisnya hanya terdiri dari 2 hingga 6 kata. Singkatnya, inilah alasan mengapa Gurindam tergolong kitab yang berisi ajaran kehidupan mulia. Namun banyak juga Gurindam yang membahas topik serupa.

Gaya Gurindam

Ada dua jenis karya sastra puisi Gurindam kuno yang tersedia untuk Sahabat Gramed. Gurindam ditambahkan dan Gurindam ditutup. Jangan bingung dengan perbedaannya.

Kincir macet

Bentuk Gurindam yang lebih tua ini terdiri atas komposisi satu atau dua baris. Hal yang sama berlaku untuk berita ini.

Pertanian

Berbeda dengan gurindam terkait, gurindam ini memiliki kata-kata yang sama di setiap dua barisnya. Jadi, kecuali satu bunyi konsonan, kata awalnya sama.

Karya sastra Gurindam

Kegiatan kesusastraan Gurindam yang menyeluruh dan menyeluruh meliputi karya-karya; Padahal tugasnya membawa kebaikan dan mencegah keburukan. Pembaca teks Gurindam akan menemukan teks karya ilmiah yang berisi tidak lebih dari 6 kata.

Ajarkan Roh

Kebenaran sebuah karya seni yang dipadukan dengan penghormatan terhadap kehidupan benar-benar mendefinisikan jiwa pencipta dan pembacanya. Gurindam yang penting dalam bentuk penyuluhan keagamaan dapat berfungsi untuk mengembangkan sisi psikologis seseorang.

Hiburan manusia

Selain fungsinya untuk memulihkan jiwa manusia sebagai ciptaan manusia, gurindam juga bisa menciptakan kebahagiaan lho. Judul Gurindam yang berarti “cinta” sangat menarik perhatian pembaca. Karena disinilah kamu melihat kehebatan dan kelucuan kekasihmu.

Mempertimbangkan konteks sosial masyarakat

Ciri Ciri Gurindam Niat para penulis Gurindam untuk mencatat kondisi sosial masyarakat membuat karya sastra kuno ini menganalisis kondisi sosial budaya masyarakat. Gurindam berhasil menangkap keseluruhan kejadian dalam beberapa kata.

Khotbah iman

Tersedianya karya sastra Gurindam memudahkan para dai dalam menyebarkan ajaran agama. Setiap agama menginginkan umatnya selalu berbuat baik dan menjauhi keburukan.

Faktanya, sebagian besar karya sastra Gurindam mengandung nilai-nilai luhur Islam dan budaya bangsa. Sebab Gurindam Sengyun berasal dari budaya melayu yang dekat dengan agama.