Post Details

research
  • 13 Mar 2024

Mengenal Ciri Ciri Teks Berita Terbaru di Tahun 2024

Seiring waktu, Ciri Berita artikel berita menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. Dulu kita harus membaca artikel di surat kabar dan majalah untuk mendapatkan informasi, namun kini kita beralih ke media online yang dapat diakses semua orang melalui Internet.

Tanpa teks berita, alat penemuan jelas akan semakin sulit menemukan informasi terkini dan menarik. Sebab artikel berita terdiri dari sejumlah besar informasi yang dikelompokkan secara rapi dalam satu tempat.

Jadi apa pelajarannya tentang apa yang baru? Lantas, apa saja unsur dan ciri-ciri artikel berita? Nah simak pembahasan selengkapnya di artikel ini ya detisers.

Identifikasi artikel berita

Biasanya artikel berita adalah artikel atau artikel yang memuat berbagai fakta tentang suatu fakta atau peristiwa yang masih hangat diperbincangkan banyak orang. Berita tentang pembelajaran dapat disebarkan melalui media elektronik maupun media cetak seperti surat kabar dan majalah.

Banyak ahli juga yang mengutarakan pandangannya mengenai pentingnya penulisan berita. Dalam bukunya Journalism Theory and Practice, Kusmoningrath berpendapat bahwa berita adalah informasi faktual tentang fakta dan gagasan yang menarik perhatian masyarakat.

AS Harris Sumadiria dalam bukunya “Menulis Berita dan Ciri Jurnalistik Indonesia” menulis bahwa berita adalah informasi yang baik, menarik, dan relevan bagi khalayak luas melalui media biasa seperti surat kabar, radio, dan siaran berita. Ini adalah cara tercepat untuk melaporkan opini terbaru dan informasi penting. televisi dan internet.

Dari pernyataan di atas dapat kita simpulkan bahwa tidak semua informasi terkini merupakan berita. Namun ada beberapa fakta terkait yang perlu dikomunikasikan kepada publik untuk menghindari kebingungan dan memberikan informasi faktual.

Elemen tekstual berita

Hal pertama yang perlu dipahami dalam penulisan berita adalah unsur-unsur penulisan berita. Dalam bahasa Inggris, unsur penulisan berita disebut 5W+1H. Ini adalah singkatannya.

Yang mana (yang mana)

Apa yang perlu kita ketahui tentang apa yang terjadi pada saat itu agar berita tersebut layak diberitakan dan menjadi arus utama?

Dimana (dimana)

Komponen ini memungkinkan penyidik ​​menemukan lokasi kecelakaan. Hal ini untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang apa yang terjadi di daerah tersebut.

Kapan (kapan)

Elemen ini dapat digunakan untuk menentukan waktu terjadinya suatu peristiwa atau sejarah suatu peristiwa.

Siapa (siapa)

Elemen who digunakan untuk menggambarkan siapa atau pihak yang akan menghadiri acara tersebut.

Mengapa (karena)

Perlu kalian ketahui kenapa kejadian atau peristiwa ini terjadi pada Elemen Y. Namun ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kejadian tersebut.

Bagaimana (sebagai)

Unsur terakhir adalah bagaimana peristiwa atau kejadian itu terjadi, atau terjadi.

Fitur artikel berita

Ada beberapa fitur yang harus Anda ketahui sebelum mulai menulis artikel berita. Berdasarkan situs unpas.ac.id, Anda membaca artikel berita;

Tentu saja

Berisi peristiwa nyata yang benar-benar terjadi tanpa campur tangan teknis dan tidak dibatasi waktu seperti peristiwa masa lalu. Namun, artikel berita harus meliput peristiwa terkini, aktif, baru, penting, dan terkini.

Efektif

Berisi peristiwa nyata dan terkini yang dibicarakan banyak orang.

Unik dan menarik

Artikel berita sebaiknya menyajikan berita yang menarik dan kata-kata yang digunakan harus unik agar pembaca tertarik untuk membaca. Ingatlah bahwa dalam hal ini sesuatu yang istimewa dan seru dapat menggugah rasa penasaran untuk mendengar beritanya.

Peristiwa yang menarik perhatian biasanya bersifat menghibur, mengandung nilai-nilai kemanusiaan, kriminalitas, pembangunan, konflik, dan lain sebagainya. Lebih menarik dan unik, banyak pembaca yang menyukainya.

Dampak terhadap masyarakat luas

Sebuah artikel berita yang dapat mempengaruhi satu orang merupakan berita baik karena jika masyarakat umum tertarik maka akan lebih banyak orang yang mempercayainya dan akan mempengaruhi pendengar sebagai pendengarnya.

Terdapat urutan waktu dan kronologi kejadian

Pada umumnya artikel berita selalu disertai dengan urutan kejadian dan kronologinya. Kapan dan dimana terjadinya kecelakaan dalam sebuah artikel berita bertujuan untuk membantu pembaca memahami waktu dan tempat terjadinya kecelakaan.

Tujuan

Berita yang disajikan harus sesuai dengan situasi atau keadaan terkini, tidak memuat pendapat dan gagasan pribadi yang dapat mempengaruhi pembacanya.

Bahasa yang baku, sederhana dan komunikatif

Ciri Ciri Teks Berita Kebanyakan artikel berita yang menggunakan bahasa formal, sederhana dan komunikatif akan menyulitkan pembaca untuk memahami kata-kata yang diungkapkan jika tidak menggunakan bahasa formal. Oleh karena itu, penggunaan bahasa formal harus sesuai dengan kaidah formal yang berupa instruksi.

Alfabet (EYD)

Ciri terakhir penulisan berita adalah penggunaan ejaan yang benar yaitu Enhanced Spelling (EYD). Penggunaannya yang sederhana dan komunikatif dapat mempengaruhi pembaca tentang kejadian tersebut.