Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Bunda Berikut Tips Membantu Bayi Menambah Berat Badan Dengan Cepat Dalam Seminggu

Bayi memiliki tahapan pertumbuhan dan perkembangannya masing-masing. Ibu sebaiknya tidak membandingkan bayi yang satu dengan bayi yang lain. Namun bayi yang sehat akan mengalami tumbuh kembang yang sehat sesuai anjuran medis. 

Banyak orang tua yang membandingkan bayinya dengan bayi lain. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik karena pada dasarnya setiap bayi memiliki perkembangannya masing-masing.

Ibu harus tahu bahwa berat badan bayi menurun pada beberapa hari pertama setelah lahir. Pada usia dua minggu, berat badan bayi mulai meningkat. Di penghujung tahun pertama, ibu akan menyadari bahwa berat badan bayinya meningkat secara signifikan. Tips apa yang bisa membantu bayi Anda menambah berat badan dengan cepat dalam seminggu? Pelajari lebih lanjut di sini!

Sesuaikan dengan tingkat perkembangan bayi

Penurunan berat badan bayi pada beberapa hari pertama setelah lahir adalah hal yang wajar. Namun, jika ibu yakin berat badan bayi tidak bertambah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendiskusikan hal ini dengan dokter anak untuk memastikan pola makan anak memenuhi anjuran medis. Untuk informasi mengenai hal tersebut, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter melalui Halodoc!

Jika dokter tidak menemukan adanya masalah pada tumbuh kembang, dan berat badan bayi, berarti ibu dapat melanjutkan melakukan hal yang dilakukan sebelumnya. Mencoba menambah berat badan bayi secara tidak perlu dapat meningkatkan risiko kebiasaan makan yang tidak sehat dan penambahan berat badan di kemudian hari.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti tips membantu bayi Anda menambah berat badan dengan cepat dalam seminggu, pastikan Anda mengetahui pertumbuhan dan perkembangan normal bayi berdasarkan tahap perkembangannya.

0 hingga 3 bulan

Idealnya, bayi di usia ini tumbuh sekitar 1,5 hingga 2,5 sentimeter per bulan dengan pertambahan berat badan 140 hingga 200 gram per minggu. Jika ibu sedang menyusui bayinya, pertimbangkan untuk menyusui setiap 2 hingga 3 jam. Frekuensi yang sama juga berlaku pada ibu yang mengonsumsi susu formula dengan dosis 1 hingga 2 ons susu setiap kali bayi disusui.

3 sampai 7 bulan

Saat Anda mendekati usia tiga bulan, penambahan berat badan melambat. Ibu mungkin melihat peningkatan sekitar 110 gram per minggu. Pada usia 5 bulan, berat badan bayi biasanya bertambah dua kali lipat.

Perlu diperhatikan juga bahwa beberapa bayi pada usia ini mungkin menunjukkan minat terhadap makanan padat di sekitar mereka. Namun, tindakan terbaik adalah menunggu hingga bayi berusia 6 bulan untuk mengenalkan makanan padat.

7 hingga 12 bulan

Berat badan bayi cepat gemuk bertambah antara 85 dan 140 gram dalam seminggu. Ini setara dengan sekitar 900 gram per bulan. Pada usia 12 bulan, berat badan bayi biasanya bertambah hingga tiga kali lipat dari berat lahir aslinya.

Pada usia satu tahun, bayi biasanya sudah diperbolehkan makan secara mandiri, yang merupakan langkah membangun konsistensi makanan dan menjadi mandiri. Ajaklah anak makan bersama anggota keluarga lainnya untuk memperkuat ikatan dan persatuan.

Seperti yang sudah dijelaskan, trik agar berat badan bayi cepat bertambah dalam seminggu adalah dengan menyesuaikannya dengan kondisi dan tahap perkembangannya. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai kesehatan buah hati Anda dan keluarganya!