Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Tips Gemukin Badan 1 Minggu Naik 5 Kg 2024

Tips Gemukin Badan Ada beberapa strategi untuk menambah berat badan sebanyak 5 kg dalam seminggu. Mulai dari memperbanyak asupan kalori, protein, lemak, dan karbohidrat. Mengutip dari Healthline dan Medical News Today, mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar tubuh cenderung menyebabkan penambahan berat badan. Namun, asupan kalori yang dibutuhkan setiap orang untuk menambah berat badan 5 kg dalam seminggu berbeda-beda pada setiap orang.

Makan 3-5 kali sehari

Makan minimal tiga kali sehari memudahkan Anda menambah asupan kalori. Ngemil di antara waktu makan juga dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam makanan.

Latihan kekuatan

Untuk mencapai berat badan yang sehat, dianjurkan melakukan latihan kekuatan minimal tiga kali seminggu. Ini membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Untuk membangun massa tubuh tanpa lemak, Anda perlu memvariasikan dan memperluas latihan Anda dengan menambah beban atau jumlah set. Gerakan gabungan dengan berbagai jenis latihan seperti deadlift, squat, dan bench press sangat ideal untuk membentuk otot.

Makan Cukup Protein dan Lemak

Pola makan yang mengandung jumlah protein yang tepat mendukung pertumbuhan otot. Selain itu, cobalah untuk meningkatkan asupan karbohidrat dan lemak karena ini adalah cara tercepat untuk menambah berat badan.

“Saat makan perlu memperhatikan jenis kalorinya, apakah berasal dari protein, lemak, atau karbohidrat. Kalau makannya banyak, tapi banyak berasal dari karbohidrat dengan sumber protein yang minim, maka tidak diserap dan digunakan otot,” jelas Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, kepada detikHealth, seperti dikutip detikHealth.

Ahli gizi dengan gelar master di bidang nutrisi dan dietetika dari University of Sydney, Australia, juga menyarankan untuk setiap kali makan, pastikan 1/4 piringnya terdiri dari sumber protein bergizi tinggi seperti ikan atau telur, daging, ayam, atau produk kedelai. seperti tahu dan tempe

“Protein ini merupakan sumber pembentuk otot yang kemudian membantu penambahan massa (akumulasi -red-). Rutin pula mengonsumsi makanan ringan yang tinggi kalori dan protein, seperti segenggam kacang-kacangan (1 genggam per hari). ", segelas susu, semangkuk kecil yogurt dan sandwich," perintah Victoria.

Selain itu, asupan protein yang dipadukan dengan latihan kekuatan secara teratur membantu meningkatkan massa otot dan membuat berat badan Anda lebih sehat.

Minum Smoothie Atau Shake Berkalori Tinggi

Orang dengan nafsu makan buruk mungkin menganggap minuman shake atau smoothie berkalori tinggi lebih menarik daripada makanan besar. Minumlah smoothie yang padat kalori dan nutrisi tanpa membuat siapa pun merasa terlalu kenyang.

Smoothie berkalori tinggi harus mengandung bahan-bahan berikut: selai kacang, buah, susu, yogurt, biji-bijian, sayuran (misalnya bayam).

Dapatkan Bantuan Profesional

Gemukin Badan Bagi sebagian orang, menambah berat badan bisa jadi sangat sulit, sehingga waktu yang dibutuhkan mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena tubuh Anda mempunyai beban tertentu yang disebut set point.

Titik setel ini memastikan tubuh Anda menolak perubahan dengan mengatur rasa lapar dan laju metabolisme. Misalnya, jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan, tubuh Anda mungkin merespons dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Oleh karena itu, penting untuk mencari bantuan ahli kesehatan dan kebugaran yang dapat memberi Anda saran berguna untuk mengembangkan rencana diet dan olahraga yang mendukung penambahan berat badan yang sehat. Anda juga dapat meminta ahli gizi berlisensi untuk menyiapkan daftar rencana diet untuk membantu Anda menambah berat badan dengan aman.