Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Tips Hidup Sehat

Kesehatan sekarang yang melanda dunia memang menimbulkan kekhawatiran bagi semua orang. Sebenarnya, jika Anda termasuk orang yang peduli dengan kesehatan, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pola hidup sehat dan konsisten dapat membantu mencegah Covid-19.

Tidak ada kata terlambat untuk gaya hidup sehat. Mari kita praktikkan beberapa kebiasaan sehat berikut bersama keluarga agar terhindar dari Covid-19 dan penyakit lainnya:

Makanlah makanan bergizi dalam porsi seimbang.

Mengonsumsi makanan bergizi dalam porsi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Selain mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, Anda juga harus memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Tubuh tidak hanya membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein, tetapi juga vitamin, mineral, dan serat. Jadi jangan malas makan sayur, buah dan kacang-kacangan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi tubuh.

Kelola stres dan selalu berpikir positif.

Stres yang berkepanjangan justru dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih cepat sakit. Oleh karena itu, Anda perlu terampil menghadapi stres dan selalu berpikir positif. Anda perlu menjauhkan diri atau mengatasi sumber stres agar pikiran dan hati merasa lega. Jangan ragu untuk menekuni hobi atau menghabiskan waktu bersama saya untuk membuat Anda lebih bahagia.

Minumlah setidaknya 2 liter air sehari.

Selain pola makan kaya nutrisi, asupan air yang cukup juga penting untuk menunjang metabolisme tubuh dan menjaga ketahanan. Anda perlu mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi dan penyakit lainnya.

Istirahat yang cukup dan tidur teratur.

Jangan abaikan istirahat jika ingin tetap sehat dan terhindar dari risiko tertular Covid-19. Saat Anda tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan istirahat pada organ tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya stamina, mood tidak stabil, dan kurang konsentrasi. Untuk selalu berada dalam kondisi fisik dan mental terbaik, Anda perlu tidur minimal delapan jam sehari.

Pelatihan reguler.

Rutin berolahraga juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selama pandemi ini, sebaiknya minimalkan olahraga di luar ruangan. Di sisi lain, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga #DiRumahAja. Ada beragam olahraga menarik yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti senam lantai, yoga, pilates, dan angkat beban.

Selalu berdoa.

Istirahat spiritual juga penting untuk menunjang Hidup Sehat kualitas Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu merencanakan waktu-waktu tertentu untuk berdoa, misalnya pada pagi dan sore hari. Dengan hati yang tenang, Anda akan merasa lebih nyaman saat beraktivitas.

Hentikan berbagai kebiasaan buruk.

Beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan demi memaksimalkan pola hidup sehat antara lain:

  1. Konsumsi alkohol, rokok dan makanan ringan.
  2. Begadang atau kerja lembur hingga larut malam.
  3. Gaya hidup dengan sedikit olah raga (sedentary life style).

Jika Anda mengikuti tujuh tips sederhana ini, Anda pasti sehat dan terlindungi dari Covid-19. Ajaklah keluarga Anda untuk menjalani gaya hidup sehat secara konsisten.