Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Tips Menurutkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat 2024

Tekanan Darah Tinggi normal seseorang adalah sekitar 120/80 mmHg. Jika tekanan darah Anda melebihi nilai tersebut, berarti tekanan darah Anda tinggi. Tekanan darah harus diperhitungkan jika melebihi 130/80 mmHg. Dalam hal ini, ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pertahankan Berat Badan Ideal Anda

Cara lain untuk melawan tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada arteri, yang berujung pada peningkatan tekanan darah.

Menjaga berat badan ideal tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit metabolisme lainnya, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kurangi asupan natrium

Natrium banyak terdapat pada garam, baik pada makanan, makanan ringan, minuman ringan, atau makanan kaleng. Konsumsi garam berlebihan dapat memicu peningkatan kadar natrium dalam tubuh yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, penderita darah tinggi selalu disarankan untuk mengurangi asupan makanan asin. Kadar natrium yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 1.500 hingga 2.000 mg per hari atau setara dengan 6 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari.

Berolahraga Secara Teratur

Anda juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan memulai pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga teratur dan teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda sebesar 5 hingga 8 mmHg.

Beberapa contoh olahraga untuk menurunkan tekanan darah antara lain jogging, jalan kaki, senam, berenang, dan bersepeda.

Tingkatkan Asupan Kalium

Peningkatan asupan kalium dapat membantu pembuluh darah melawan kerusakan terkait natrium. Semakin banyak potasium yang Anda konsumsi, semakin banyak natrium dan air yang dapat dikeluarkan tubuh Anda, sehingga menurunkan tekanan darah.

Mereka yang rutin mengonsumsi makanan kaya kalium cenderung memiliki tekanan darah normal. Beberapa makanan yang mengandung potasium antara lain susu sapi, bayam, pisang, kacang-kacangan, dan kentang panggang.

Praktekkan Pola Makan Yang Sehat

Peningkatan tekanan darah tinggi yang drastis biasanya dipicu oleh kesalahan dalam pemilihan makanan. Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan pola makan sehat berupa DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), seperti: konsumsi buah-buahan, sayur mayur, susu rendah lemak, dan produk gandum utuh.

 Beberapa buah penurun darah tinggi adalah buah-buahan yang mengandung potasium seperti jeruk, pisang, dan anggur. Anjuran asupan kalium yang cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah 4.500 hingga 4.700 mg per hari.