Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Tips Menulis Yang Kreatif, Efektif Dan Terjamin!

Tips menulis sekilas terlihat sederhana seperti berbicara secara langsung. Sebenarnya tidak mudah untuk menulis teks yang enak dibaca dan menarik. Apalagi jika Anda ingin menulis secara kreatif, Anda memerlukan tips menulis kreatif agar lancar.

Menulis kreatif tidak sama dengan menulis pada umumnya, seperti menulis tugas, jurnal, atau esai. Karena menulis kreatif memiliki tujuan yang berbeda, yaitu membangkitkan minat pembaca untuk membaca teks Anda.

Tips Menulis Kreatif yang Bisa Anda Coba

Menulis kreatif tidak hanya membutuhkan minat pembaca dalam membaca seluruh tulisan Anda, tetapi juga imajinasi yang hebat dan kosa kata yang banyak. Anda harus bisa menulis teks yang hidup dan nyata bagi pembaca.

Jadi bagaimana jika Anda belum pernah menulis secara kreatif sebelumnya? Oleh karena itu, tips menulis kreatif berikut ini akan membantu Anda.

1. Buatlah judul yang menarik

Hal pertama yang Anda baca dalam sebuah artikel adalah judulnya. Judul menentukan apakah orang mau membaca tulisan Anda atau tidak. Oleh karena itu, memilih judul adalah salah satu bagian tersulit dalam menulis, selain menulis artikel itu sendiri.

Sebaiknya hindari judul yang mudah ditebak. Namun buatlah judul yang menggugah rasa ingin tahu orang lain sehingga mereka dapat menindaklanjuti rasa ingin tahu tersebut dengan membaca teks Anda. Untuk membuat judul, diperlukan pengayaan kata. Bisa bahasa asing, bahasa daerah, atau bahasa lain.

2. Fokus pada topik pembahasan

Terkadang menulis kreatif begitu menyenangkan sehingga banyak penulis melupakan keterbatasan topik yang mereka tulis. Bahkan banyak di antara mereka yang melenceng dari pusat perdebatan. Alih-alih mencoba menulis artikel mendetail, Anda malah tersandung pada topik lain yang tidak ada hubungannya dengan itu.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membuat subtopik diskusi. Agar penulisan kreatif Anda tetap fokus.

3. Bacalah buku lain yang sejenis

Tip menulis kreatif yang paling mudah untuk diterapkan adalah dengan membaca buku serupa. Dengan cara ini Anda akan mengetahui secara langsung apa arti menulis kreatif dan bagaimana Anda dapat memasukkannya ke dalam tulisan Anda.

Semakin banyak buku serupa yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan dan perspektif yang Anda miliki.

4. Sering berolahraga

Percuma kalau ilmunya banyak tapi jarang mengamalkannya. Dengan latihan, Anda akan lebih memahami font mana yang kurang menarik, perlu diubah atau diganti. Dibandingkan dengan pengetahuan teoritis murni, latihan juga dapat memperluas imajinasi Anda.

Anda bisa mencoba menulis beberapa tulisan kreatif dan kemudian mengirimkannya ke komunitas penulis. Tanyakan kepada mereka apa pendapat mereka tentang tulisan Anda. Dengan cara ini Anda mengetahui seberapa tinggi kualitas teks yang Anda tulis.

5. Pilih diksi yang benar

Tips menulis kreatif selanjutnya adalah memilih diksi. Dalam tulisan kreatif, pemilihan diksi menjadi pertimbangan yang menarik. Sebab tujuan menulis kreatif adalah membuat orang tertarik membaca cerita yang Anda tulis. Jika diksinya datar, pembaca akan ragu untuk melanjutkan.

Apalagi bagi Anda yang kesulitan mengungkapkan perasaan secara tertulis, membuat dialog sangatlah membantu. Dialog dapat terjadi dua arah atau berdialog dengan diri sendiri disebut juga monolog. Namun, kecuali Anda sedang menulis naskah drama, jangan memasukkan terlalu banyak dialog ke dalam teks.

Nah berikut beberapa tips menulis kreatif yang bisa kamu coba sobat Moselo. Selamat menulis!