Post Details

research
  • 19 Feb 2024

Tips Interview Kerja

Di bagian ini, Anda akan menemukan beberapa tips wawancara yang dapat Anda ikuti:

1. Meneliti industri dan perusahaan

Cara yang baik untuk melakukan tips interview wawancara adalah dengan melakukan penelitian ekstensif tentang perusahaan tempat Anda melamar. Pahami bidang keahlian, visi, misi, dan posisi yang mereka lamar melalui situs web perusahaan, postingan media sosial, dan postingan pekerjaan. Tujuannya agar Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara HRD yang paling sering ditanyakan, antara lain:

???? Jika Anda tidak ditanyai pertanyaan ini dalam wawancara, Anda dapat menunjukkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan tersebut dalam jawaban wawancara Anda.

2. Berlatih dan mempersiapkan jawaban pertanyaan wawancara

Tips wawancara selanjutnya adalah mengetahui pertanyaan-pertanyaan HRD yang paling sering ditanyakan. Kemudian temukan cara untuk menjawab pertanyaan wawancara dengan baik dan persiapkan jawaban Anda.

Tenang saja, Anda tidak akan terlihat kaku. Malah Anda tampak lebih tenang dan percaya diri saat menjawab. Jika Anda masih gugup, berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara hingga Anda merasa percaya diri.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui tips menjawab pertanyaan wawancara!

3. Miliki alasan bagus mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan perekrut: “Mengapa Anda menginginkan posisi ini?” » saat wawancara di PT. Jelaskan apa yang membuat Anda tertarik pada posisi tersebut dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Menunjukkan antusiasme yang tulus saat menjelaskan alasan Anda adalah tip wawancara yang akan mengesankan HR. Gairah dan antusiasme Anda berperan penting dalam memutuskan apakah akan memilih pekerjaan atau tidak.

???? Menunjukkan antusiasme yang tulus saat menjelaskan alasan Anda adalah tip wawancara yang akan menarik perhatian manajer perekrutan.

4. Berikan contoh pekerjaan sebelumnya

Selama wawancara, manajer perekrutan kemungkinan besar akan menanyakan pertanyaan tentang pengalaman Anda. Jadi jika Anda ingin sukses dalam wawancara kali ini, jangan lupakan keahlian dan prestasi Anda dari pekerjaan atau pengalaman sebelumnya. Kemudian bagikan betapa berguna dan berharganya pengalaman ini untuk posisi yang Anda lamar.

5. Nyatakan dengan jelas “nilai jual” Anda.

Tentu saja, ada kandidat lain yang bersaing dengan Anda untuk posisi ini. Oleh karena itu, agar wawancara berhasil dan mengesankan perusahaan, Anda perlu memberikan tiga hingga lima hal yang membuat Anda menonjol, beserta contoh nyata dari pengalaman Anda.

6. Jalin hubungan baik dengan pewawancara

Tips interview kerja ini adalah rutinitas wawancara yang perlu diingat. Ketahui nama pewawancara dan sebutkan saat wawancara. Selain itu, jalin hubungan baik dengan pewawancara: bersikaplah ramah, lakukan kontak mata, tunjukkan ketertarikan pada pewawancara dan posisinya, dan pertahankan percakapan tetap berjalan. Lakukan yang terbaik saat wawancara karena Anda hanya punya waktu 7 detik untuk memberikan kesan pertama yang baik di depan departemen HR.

Tips wawancara ini sangat penting karena jika Anda berhasil mendapatkan pekerjaan itu, mungkin orang tersebut akan bekerja sama dengan Anda.