Post Details

research
  • 21 Feb 2024

Apa itu Domperidone?

Domperidone merupakan obat antiemetik (antiemetik) dan prokinetik (obat yang meningkatkan motilitas saluran cerna). Obat ini termasuk dalam kelompok antagonis dopamin

Domperidone dapat mengatasi mual dan muntah, serta masalah perut. Selain itu juga meredakan rasa tidak nyaman akibat berkurangnya pergerakan lambung dan saluran cerna.

Tindakannya meningkatkan pergerakan atau kontraksi otot lambung dan usus. Hal ini memungkinkan makanan mengalir lebih mudah melalui saluran pencernaan, sehingga mengurangi kembung.

Terkadang domperidone juga bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI (BMI). Dokter meresepkannya ketika ibu mengalami kesulitan menyusui, tetapi hanya jika pengobatan lain tidak efektif.

Kelas Obat resep

Kategori: Antagonis dopamin, antiemetik dan prokinetik.

  • Bentuk obat: tablet, kapsul, suspensi dan tetes oral.
  • Digunakan oleh: Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun dan berat badan di atas 35 kg. Oleh karena itu, obat ini tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 12 tahun: Oleh karena itu, domperidone tidak dianjurkan untuk anak-anak.
  • Heparin untuk ibu hamil: Obat ini termasuk dalam kategori ibu C yang artinya memiliki efek samping pada janin. Hingga saat ini, belum ada penelitian terkontrol yang mengungkap kebenarannya. Jika Anda sedang menyusui, harap diskusikan penggunaannya dengan dokter Anda terlebih dahulu. Meskipun obat tersebut tidak masuk ke dalam ASI, namun dapat membahayakan bayi.

Heparin untuk ibu menyusui: Obat ini dapat diserap ke dalam ASI. Diskusikan penggunaan dengan dokter terlebih dahulu untuk meminimalkan risiko efek samping penggunaan.

Manfaat Domperidone

Domperidone memiliki beberapa manfaat. Anda dapat menggunakan obat ini untuk kondisi berikut:

  • Mengobati mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh migrain.
  • Meredakan ketidaknyamanan akibat pencernaan yang lambat atau gastroparesis. Gejalanya berupa gangguan pencernaan (dispepsia), rasa kenyang atau kembung setelah makan, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, atau bersendawa tanpa henti.
  • Meningkatkan produksi ASI.

Peringatan sebelum mengonsumsi domperidone

Ada beberapa hal yang harus Anda waspadai sebelum minum obat apa pun. Peringatan berikut sebelum mengonsumsi domperidone:

Hindari mengonsumsi obat ini jika Anda alergi terhadap obat domperidone atau salah satu bahan di dalamnya.

Sebelum minum obat apa pun, beri tahu dokter Anda tentang riwayat kesehatan Anda. Apalagi jika Anda memiliki gangguan pada liver atau ginjal atau gangguan jantung, seperti detak jantung tidak teratur.

konsumsi juga obat ini jika Anda memiliki masalah pada saluran pencernaan, seperti sembelit atau pendarahan pada usus.