Post Details

research
  • 22 Feb 2024

13 Oktober Hari Tanpa Bra Gerakan Kesadaran Kanker Payudara

Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai “No Bra Day” atau “Hari Bra” sebagai bentuk gerakan sosialisasi tentang bahaya kanker payudara.
Pada hari ini, hashtag atau tagar kampanye #nobraday muncul di jejaring sosial. Perayaan No Bra Day ini diadakan sebagai bagian dari Bulan Peduli Kanker Payudara Sedunia.

Kampanye ini dimulai di Toronto, Kanada. Saat itu, kampanye dilakukan dengan banyak orang yang menuliskan hashtag #nobraday.

Sejak diciptakan oleh Dr. Brown merayakan Hari Tanpa Bra pada tanggal 9 Juli setiap tahun. Namun sejak tahun 2011, peringatan ini dibatalkan menjadi tanggal 13 Oktober bersamaan dengan Bulan Peduli Kanker Payudara.

Gerakan No Bra Day bukan sekadar menampilkan payudara di media sosial

Beberapa wanita merayakan Hari Tanpa Bra dengan memposting foto atau konten tanpa bra di media sosial. Namun, inti dari No Bra Day adalah gerakan penyadaran terhadap kanker, bukan mengekspos payudara.

Unggahan gambar tanpa bra bertentangan dengan tujuan No Bra Day yaitu kesadaran akan kanker payudara.

Tidak ada tujuan hari bra

Tujuan dari peringatan Hari Tanpa Bra adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara.

Gerakan ini mendorong wanita untuk sesekali melepas bra agar lebih melihat perubahan kondisi payudaranya.

Diketahui, banyak wanita yang mengabaikan tanda-tanda kanker payudara karena kurang memperhatikan bagian intim yang biasanya tertutup bra.

Selain itu, tujuan No Bra Day 13 oktober adalah untuk mendorong masyarakat yang terkena kanker payudara agar bersemangat dalam menyembuhkan penyakitnya.

Melansir kemkes.go.id pada Jumat (13/10/2023), kanker payudara peringkat pertama jumlah kasus kanker tertinggi di Indonesia dan menjadi penyebab utama kematian terkait kanker.

Selama periode ini, jumlah kematian mencapai lebih dari 22.000 kasus.

  1. Kebanyakan pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, kanker bisa diatasi jika terdeteksi sejak dini dan segera diobati.
  2. Berikut langkah Yayasan Kanker Indonesia yang bisa Anda ikuti saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri 7-10 hari setelah haid:
  3. Berdiri tegak. Apakah payudara kanan dan kiri Anda tidak simetris? Jangan khawatir, itu normal.
  4. Angkat kedua tangan, tekuk siku dan letakkan tangan di belakang kepala. Dorong siku
  5. Anda ke depan dan perhatikan payudara Anda dengan cermat. Dorong siku Anda ke belakang dan lihat bentuk serta ukuran payudara Anda.
  6. letakkan kedua tangan di pinggang, miringkan bahu ke depan hingga payudara melorot, tekan siku ke depan, lalu regangkan (kontraksikan) otot dada.
  7. Angkat lengan kiri dan tekuk siku sehingga tangan kiri menahan punggung atas. Sentuh dan tekan dada dengan ujung jari tangan kanan dan periksa seluruh payudara kiri hingga ketiak. Gunakan gerakan naik turun, gerakan memutar dan gerakan lurus dari tepi payudara ke puting dan sebaliknya.
  8. Remas kedua putingnya. Hati-hati jika cairan bocor dari puting. Dalam hal ini, temui dokter.
  9. Sambil berbaring, letakkan bantal di bawah bahu kanan. Angkat tanganmu. Perhatikan baik-baik payudara kanan dan lakukan tiga gerakan seperti sebelumnya. Dengan ujung jari, tekan seluruh bagian payudara hingga setinggi ketiak.

Selain itu, menurutnya, tidak memakai ukuran bra pada tanggal 13 oktober yang benar adalah tindakan yang salah. Dr.Blake juga merekomendasikan penggunaan bra yang meningkatkan tingkat aktivitas Anda.