Post Details

research
  • 14 Mar 2024

Mengetahui Ciri Ciri Kehamailan Yang Positf 2024

Jika seorang Wanita Sedang Hamil, ada banyak tanda yang akan membantunya mengenali bahwa dirinya hamil. Artikel ini mencantumkan beberapa gejala yang dialami ibu hamil yang dapat dijadikan panduan untuk mendiagnosis kehamilan.

Bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan, kehamilan merupakan sebuah penantian panjang.

Perilaku ibu hamil

Di bawah ini adalah contoh kehamilan paling umum pada wanita.

Periode tertunda

Salah satu gejala kehamilan yang paling umum adalah terlambatnya menstruasi. Jika seorang wanita mengalami menstruasi tidak teratur dan gejala yang berhubungan dengan kondisi lain, seperti mual dan muntah, dia mungkin hamil.

Mual dan muntah (di pagi hari).

Mual dan muntah, yang biasa disebut dengan “morning disease”, merupakan gejala umum yang dialami sebagian besar ibu hamil. Mual dan muntah terjadi di pagi hari, namun bisa berlangsung sepanjang hari. Beberapa wanita mengalami mual dan muntah yang parah, sementara yang lain mengalami ketidaknyamanan ringan.

Saya lelah

Kelelahan juga merupakan gejala kehamilan. Perubahan hormonal saat hamil dapat menyebabkan rasa lelah yang luar biasa, dan ibu hamil seringkali merasa lelah. Istirahat yang cukup dan tidur yang teratur dapat membantu melawan rasa lelah.

Payudara membesar, kencang dan agak nyeri.

Perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan payudara Anda berubah. Payudara Anda mungkin terasa besar, keras dan mungkin sedikit sakit. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang merangsang pertumbuhan saluran dan alveoli pada payudara.

Sering buang air kecil

Rahim yang membesar saat hamil bisa menyebabkan masalah pada buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk sering buang air kecil. Ibu hamil merasakan kebutuhan untuk buang air kecil lebih dari biasanya.

Perubahan suasana hati yang ekstrim

Perubahan hormonal saat hamil dapat mempengaruhi suasana hati dan suasana hati seorang wanita. Wanita hamil mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, marah, sedih, dan bahagia. Hal ini biasa terjadi selama kehamilan.

Sembelit atau konstipasi

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi dimana wanita mengalami kesulitan buang air besar. Perubahan hormonal dan perubahan sistem pencernaan selama kehamilan dapat menyebabkan sembelit. Mengonsumsi makanan kaya serat, banyak minum air putih, dan berolahraga dapat membantu mencegah sembelit.

Perubahan pigmentasi kulit

Beberapa wanita mengalami perubahan warna kulit selama kehamilan. Area kulit tertentu mungkin menjadi lebih gelap, seperti bagian tengah perut (linea nigra) atau bintik hitam di wajah (melasma). 

Ubah rasanya

Beberapa wanita mengalami perubahan rasa makanan secara tiba-tiba selama kehamilan. Anda mungkin pernah merasa harus makan junk food sebelumnya, dan sebalik

Ciri Ciri Kehamilan Ngidam adalah keinginan yang kuat terhadap makanan dan minuman tertentu selama kehamilan. Banyak ibu hamil yang memiliki selera makan bervariasi, misalnya menyukai makanan asin, asam, dan manis. Rasa lapar merupakan salah satu gejala ibu hamil.